Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Senin, 27 September 2010

Internet Service Provider ( ISP )

INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)
Sebuah penyedia layanan Internet (ISP), juga kadang-kadang disebut sebagai penyedia akses Internet (IAP), adalah perusahaan yang menawarkan akses pelanggan ke internet.  ISP menghubungkan ke para pelanggan menggunakan teknologi transmisi data yang sesuai untuk menyampaikan Internet Protocol Paradigma, seperti dial-up, DSL, kabel modem, wireless atau dedicated interkoneksi kecepatan tinggi. ISP dapat menyediakan Internet akun e-mail ke pengguna yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dengan mengirim dan menerima pesan elektronik melalui ISP server mereka. ISP dapat menyediakan layanan seperti  menyimpan file data atas nama pelanggan mereka, serta layanan lainnya yang unik untuk setiap ISP tertentu
ISP menggunakan berbagai teknologi untuk memungkinkan konsumen untuk terhubung ke jaringan mereka. Untuk pengguna dan usaha kecil, yang paling populer termasuk pilihan dial-up, DSL (biasanya Asymmetric Digital Subscriber Line, ADSL), broadband nirkabel, modem kabel, serat ke lokasi (FTTH), dan Integrated Services Digital Network (ISDN) (biasanya tingkat dasar antarmuka). Untuk pelanggan dengan persyaratan menuntut lebih banyak, seperti bisnis menengah-ke-besar, atau ISP lain, DSL (sering SHDSL atau ADSL), Ethernet, Metro Ethernet, Gigabit Ethernet, Frame Relay, ISDN (BRI atau PRI), ATM, Internet satelit akses dan jaringan optik sinkronis (SONET) akan lebih mungkin untuk digunakan

A. CARA MEMILIH ISP
Beberapa hal yang diperhatikan dalam memilih ISP, agar akses internet tidak
mengalami gangguan adalah:
1) Kapasitas Bandwith
2) Kapasitas jaringan
3) Akses pulsa lokal
4) Kehandalan dan keamanan jaringan

B. TELKOMNET ISTAN
Salah satu ISP yang instan tanpa berlangganan yaitu Telkom, yang menyediakan Telkomnet@instan. Dalam menggunakan telkomnet@intan, biaya pemakaian jasa internet dihitung berdasarkan pulsa telepon dan langsung dimasukkan ke dalam rekening tagihan telepon.

1. MENDESKRIPSIKAN USER ID DAN PASSWORD

A. USER ID DAN PASSWORD
User ID adalah identitas pengguna komputer. User adalah nama, nomor atau
identitas yang dimiliki dan yang berhak untuk menggunakan komputer.

B. DOMAIN NAME SERVICE (DNS)
DNS Merupakan pengembangan sistem alamat host-host yang lebih dimengerti pemakai komputer. Setiap DNS memiliki dua buah identitas, yaitu IP address numeric dan host name. Host name merupakan nama yang mudah diingat, seperti Erlangga.co.id.

C. HIRARKI DNS
Semua data DNS diurutkan dengan nama atau domain tertentu yang berakhiran sesuai dengan bidang masing-masing. Misalnya
.com bidang komersial
.edu bidang pendidikan
.net penyedia jasa network
.org organisasi nonkomersil
.int organisasi Intenasional

BROWSER INTERNET
1 .MENDESKRIPSIKAN CARA AKSES INTERNET

A. IDENTIFIKASI INTERNET EXPLORER
Pada bab 1 telah dibahas bahwa untuk mengakses internet sesudah berlangganan
dengan Internet Service Provider (ISP) diperlukan perangkat lunak (Software) berupa browser internet.browser yang populer adalah Internet Explorer dan Mozilla. Internet Explorer adalah software yang paling banyak digunakan dan merupakan produk dari Microsoft Corporation. Untuk mengaktifkan Internet Explorer, komputer tidak harus terhubung ke internet. Internet Explorer dapat diaktifkan walaupun komputer tidak sedang mengakses halaman website.

B. MENGGUNAKAN FASILITAS INTERNET EXPLORER
a. Menggunakan Tool Search
Untuk mengadakan pencarian poer topik dengan Internet Explorer, langkah yang
dilakukan setelah Internet Explorer aktif adalah sebagai berikut:
1. Klik tool Search, sehingga tampil jendela pencarian.
2. Klik Search this compute for file, untuk mengadakan pencarian pada komputer.
3. pilih dan klik Picture, music, or video.
4. pilih pictures and photos
5. klik search
b. Tool Favorites
Untuk mengorganisasi dokumen-dokumen website kedalam komputer dengan
menggunakan Favorites.
c. Tool Media
Tool Media digunakan untuk menampilkan dokumen-dokumen media seperti video, radio, atau sejenisnya.
d. Tool History
Tool History digunakan untuk melihat perkembangan atau alur penjelajahan yang dilakukan.
e. Tool Mail
Tool ini digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan surat elektronik atau
e-mail, seperti mengirim surat, dan mendokumentasi surat.

C. MENDESKRIPSIKAN PELAYANAN WORL WIDE WEB (WWW) SEBAGAI SUMBER INFORMASI

World Wide Web (WWW) atau biasa disingkat dengan nama web merupakan fasilitas internet yang sangat penting. Fasilitas www dapat mengakses bermacam-macam bentuk seperti teks, animasi, grafik, suara, dan video.

D. MENDESKRIPSIKAN PENGERTIAN URL DAN HOMEPAGE
Uniform Resources Locator (URL) merupakan alamat website atau situs internet. Letak URL ada pada kotak address (alamat) pada browser Setiap URL menggunakan nama yang unik dalam penulisannya, secara umum memiliki sintak atau aturan PROTOKOL://NAMA_INTERNET.DOMAIN. Protokol internet data berupa HTTP, FTP,NEW, atau GOPHER.

E. MENDESKRIPSIKAN HYPERTEXT DAN HTML
Halaman Website memiliki pola tersendiri dalam pengisian teks dan gambar. Teks yang digunakan merupakan Hypertext Markup Languange (HTML) atau txt, sekaligus digunakan sebagai extensi dari file yang bersangkutan. HTML merupupakan format yang disepakati untuk penulisan halaman website. Sedangkan gambar adalah yang berektensi jpg, bmp, dan gif.


F. MENGENAL BEBERAPA SITUS YANG MENYEDIAKAN FASILITAS SEARCH ENGINE
A. Search Engine Yahoo
Yahoo merupakan mesin pencari yang pertama. Hampir 60% pengguna internet mengakses Yahoo. Disamping merupkan mesin pencari tertua, tampilan homepagenya mudah dipahami dan sangat terorganisir. Sebagai situs tertua Yahoo memiliki banyak pelanggan, setiap browsing seseorang cenderung untuk membuka situs ini. Untuk menjalankan yahoo.com pastikan bahwa anda sudah berada di dalam Internet Explorer. Untuk mengaktifkan Search engine Yahoo, caranya tinggal ketik yahoo.com pada alamat URL Internet Explorer dan tunggu beberapa saat maka akan muncul website Yahoo.com. menggunakan mesin pencari ini sangat mudah bahkan bagi orang yang baru kenal internet sekalipun akan dengan mudah menggunakan mesin pencari ini untuk mencari informasi.

B. Search Engine Google
Search engine yang sedang naik daun adalah Google.com. saat ini, Google sangat populer karena kecepatan aksesnya. Selain dipengaruhi oleh modem, akses yang cepat juga dipengaruhi oleh keandalan mesin pencari. Search engine Google tidak menyediakan layanan e-mail gratis sepeti halnya yahoo, dan juga tidak menyediakan fasilitas video. Jadi, penggunaan Google
tidak dapat membuat e-mail dan tidak dapat mengakses video. Untuk mengaktifkan website Google.com caranya sama dengan mengaktifkan yahoo.com caranya ketik Google.com pada URL Internet Explorer

C. Search Engine MSN.COM
Sebagai produsen software terbesar saat ini, Microsoft tidak mau ketingalan
dalam bidang internet yang mengeluarkan beberapa produk seperti: ENCARTA dan MSN. Sebagai produk Microsoft yang memiliki ciri friendly ini, msn.com relative mudah digunakan.
Untuk mengaktifkan msn.com maka langkahnya dari Internet Explorer adalah
1. Ketik msn.com pada URL
2. Tekan <Enter>


Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

how to make a gif

Reader Community

Share |

Newsletter

Translate This Blog

Indonesian German Dutch Portuguese Italian Russian Greek Brazilian French Spanish Arabic Korean Japanese Chinese English

New Tutorial

Share |

VISITOR

im here

Chat Visitor

ADS

CO.CC:Free Domain CO.CC:Free Domain CO.CC:Free Domain CO.CC:Free Domain

Advertise